Berenang Di lautan Tinta
Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan.[QS 24.44]
Thursday, July 05, 2007
Misteri Ari Ari

Kadang kita mengingat kebesaran Allah hanya pada hal hal ciptaan yang dapat dinikmati oleh mata kita, seperti Langit, Laut, Gunung , Matahari dan lain lain. Sekarang marilah kita coba melihat kebesaran Allah dengan melihat misteri ari ari atau Plasenta ini.

Janin bayi yang ada di dalam perut Ibu makannya lewat mana ya? Pertanyaan itu selalu ada bila kita tidak tahu. Ari ari atau dalam ilmu kedokteran di sebut Plasenta. Ari ari ini yang merupakan penyuplai makanan atau nutrisi bayi waktu ada dikandungan. Ari ari ini beratnya sekitar 500 gram. Dan Ari ari ini akan keluar setelah bayi keluar dari rahim si Ibu. Pembahasan ari ari ini saya fokuskan bukan dalam ilmu kedokteran tetapi pada ritual yang dilakukan oleh masyarakat kita .

Biasanya ada beberapa cara ritual yang diadakan sehubungan dengan ari ari ini. Ada yang di tanam , ada yang dibuang di laut, ada pula yang di gantung. Kebanyakan di Jawa ini ari ari di tanam didalam tanah. Sebelum di tanam ari ari ini dicuci bersih kemudian ditempatkan disuatu wadah yang namanya kendil (suatu tempat yang terbuat dari tanah.). Didalam kendil diberikan garam kasar kemudian ari ari dimasukkan, dan ari ari tadi diatasnya diberi garam kasar, setelah itu diberi bunga mawar , pensil,buku dan secarik kertas berupa nama si Bayi. Inti dari itu semua adalah orang tua menginginkan kelak si bayi akan menjadi orang yang pintar dan patuh pada Orang Tua. Ritual ini tidak mutlak artinya ada yang memakai cara selain diatas, hal ini didasarkan kebiasaan yang ada didaerah masing masing.

Dalam budaya Jawa percaya bahwa ari ari akan kembali ke perut ibu setelah berumur 40 hari. Apakah benar ? Ada seorang teman bercerita yang intinya dia tidak percaya akan kepercayaaan itu. Dia ingin membuktikan bahwa apakah ari ari itu memang kembali ke perut Ibu atau nggak. Ketika Isterinya melahirkan seorang bayi laki laki, teman saya itu mencoba berekperimen, sebelum menanam ari ari, diikatnya ari ari tersebut dengan seutas benang putih yang panjangnya setengah ibu jari. Dia berkeyakinan bila anaknya yang kedua lahir maka ari ari nya akan ada seutas benang putih tadi. Saat isterinya melahirkan anak kedua Dia hampir lupa jika dia pernah mengikat ari ari anak pertama dengan seutas benang. Ketika mencuci ari ari anak kedua dilihat ada seutas benang putih yang masih ada, ternyata ari ari itu telah kembali ke perut isterinya. Dia akhirnya percaya bahwa ari ari anak pertama kembali ke isterinya. Bagaimana kembalinya ? Hanya Allah Yang Maha Tahu.

Ada teman saya lagi yang melakukan ritual ari ari digantung di rumah. Jadi ari ari tidak di tanam didalam tanah tetapi ari ari digantung di rumahnya. Setelah ditempatkan di kendil, kemudian dibungkus dengan tas plastik dan digantung . Setelah 40 hari ari ari itu dibuka dan memang hilang tidak berbekas. Kemana hilangnya? Hanya Yang Maha Kuasa yang tahu.

Kadang kita memang sulit mempercayai hal hal seperti ini. Tetapi itulah yang terjadi. Dan hal hal seperti ini dapat mengingatkan kita kepada kebesaran Allah.Semoga. (Magelang,2007)

posted by Yono's @ 5:20 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Yono's
Home:
About Me:
See my complete profile
Links
Bisnis
LOGO
Archives
Powered by

BLOGGER