Berenang Di lautan Tinta
Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan.[QS 24.44]
Monday, November 06, 2006
Sehat pentingkah?

Banyak orang melupakan kesehatannya. Ketika suara hingar bingar dan lampu berkelap kelip dan diiringi bau aroma alkohol di suatu tempat, maka tanda kehidupan malam telah mulai dan di tempat itu mereka tidak akan menyadari bahwa sehat itu sangat penting.

Sehat secara jasmani dapat di artikan berfungsinya secara normal semua organ tubuh sehingga tidak ada satu pun penyakit yang mengendap dalam tubuh. Semua makhluk hidup di dunia ini akan mengharapkan tubuh mereka sehat tak terkecuali. Kesehatan akan terasa penting jika kita telah mengalami sakit. Hal itu sangat wajar, karena itu merupakan suatu pilihan. Bila kita sehat akan merasakan tubuh kita segar, bila kita sakit akan terasa beda sekali rasa di tubuh kita dengan sewaktu kita sehat.

Ada seorang teman yang baru berumur kepala empat. Dia adalah seorang kepala keluarga yang sangat di hormati. Kalau dilihat secara fisik dia tergolong sehat, karena jarang mengeluh sakit. Tiba tiba dia ada problem keluarga sehingga membuat dia berpikir dan secara otomatis organ tubuhnya tergoncang, seketika itu juga Dia langsung mengalami tekanan darahnya melonjak drastis. Keluarganya tidak mengerti bila tekanan darah melonjak. Dia hanya mengeluh pusing dan kemudian dibawa tidur. Saat tidur miring badannya sudah kaku sebelah, kemudian dia bicaranya sudah cedal(pelo bhs. Jawanya). Barulah semua keluarganya menyadari kalau Kepala keluarga satu satunya sebagai tumpuan hidup dalam keluarga terserang stroke. Ketika di dibawa kerumah sakit Dia sudah koma. Dan Sehari kemudian Dia telah tiada. Innalillahi wa inna lillahi rojiun.

Sehat secara rohani adalah berfungsinya perilaku kita yang positif. Dalam artian setiap tingkah laku kita tidak menyalahi aturan yang berlaku baik secara tertulis maupun secara tidak tertulis(contoh: 3M, menggosip, menggunjing, mengumpat). Sehat rohani ini sebenarnya sangat berkaitan dengan sehat badani, karena sebagian besar penyakit timbulnya dikarenakan tidak sehatnya rohani. Untuk dapat mempertahankan kesehatan rohani ini harus dikontrol dengan kehidupan beragama. Yang telah ada aturan mainnya sehingga manusia tidak menyimpang perilakunya.

Saat ini di perkotaan banyak sekali pemuda dan pemudi tidak menghiraukan lagi dengan kehidupan sehatnya, baik sehat rohani maupun jasmani. Suatu contoh kehidupan yang terkenal dengan Dugem. Bagi mereka yang suka dugem pasti mereka beralasan untuk menghilangkan stress, tetapi dalam dugem sendiri secara tidak langsung akan menambah penyakit. Yaitu penyakit yang disebabkan karena minuman beralkohol bila minum minuman beralkohol dan penyakit kanker (kantong kering)

Namun semua itu berpulang ke individu masing masing. Karena sehat atau sakit hanya kita sendiri yang merasakan. Tetapi alangkah bijaksananya bila kita merawat tubuh dan jiwa kita. (Magelang,01102006)

posted by Yono's @ 10:07 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Yono's
Home:
About Me:
See my complete profile
Links
Bisnis
LOGO
Archives
Powered by

BLOGGER